01 April 2008

April Tiba, Tingkatkan Kesabaran Anda!

Jika bulan ini tiba-tiba ada seorang teman dekat anda yang tanpa sebab musabab memusuhi anda, maka pesan saya jangan mengambil tindakan gegabah untuk frustasi dan balik memusuhi dia. Atau kalau tiba-tiba pacar atau istri anda tidak mau anda ajak bicara, terkesan menjengkelkan dan terlihat tidak menyenangkan, saya juga bersaran pada anda agar jangan tanpa pikir panjang menghentikan nafkah anda pada mereka. Atau, jika tiba-tiba salah satu harta kesayangan anda entah itu mobil, sepeda motor, sandal atau apapun tiba-tiba tidak bisa anda temukan, mohon jangan segera sakit hati dan lapor polisi.

Saya tidak bergurau. Jika semua itu terjadi pada anda di bulan ini, lakukan semua nasehat saya. Anda mungkin berpikir saya sudah gila. Tidak. Saya tidak gila. Saya masih seperti kemarin tetap menjadi wisdom seeker yang tiap saat berusaha mencari hikmah. Kalau saran saya di atas terkesan sebagai saran orang tak waras maka saran berikut ini mungkin akan makin membuat anda berpikir bahwa saya benar-benar sudah gila.

Ya, kalau bulan ini tiba-tiba bos anda suka marah-marah pada anda dan tanpa anda tahu kesalahan anda dia mengeluarkan surat pemecatan untuk anda, saran saya terima saja semua itu dengan tersenyum. Tidak usah marah. Tidak usah frustasi. Apalagi sampai niat bunuh diri. Karena kalau anda sampai anda menjadi demikian maka teman dekat anda akan tertawa girang, pacar atau istri anda akan merasa menang, dan bos anda akan tertawa terpingkal-pingkal. Anda salah besar kalau membayangkan bahwa kemarahan anda, frustasi anda, dan niat bunuh diri anda akan membuat mereka ikut berduka. Sekali lagi saya tegaskan mereka justru akan semakin bersuka ria.

Ingat, ini adalah bulan April. Dan salah satu budaya barat yang sedikit demi sedikit merasuk ke dalam budaya kita adalah perayaan April Mop. Bagi yang belum begitu familiar, April Mop adalah satu perayaan besar di mana anda diperbolehkan untuk mengerjai orang lain khususnya orang-orang dekat anda dengan cara bagaimanapun. Ya, dengan cara bagaimanapun. Entah itu dengan cara pura-pura mencuri barang kesayangan orang lain, bersikap tak acuh pada suami atau pacar, atau bahkan pura-pura melakukan pemecatan pada karyawan.

Asalkan semua itu dilakukan di bulan April ini, meski orang yang anda kerjai sampai menangis, tidak bisa tidur, bahkan frustasi hingga berniat bunuh diri anda tetap tidak bisa disalahkan. Cukup ucapkan kata ”APRIL MOP!!!” di saat-saat terakhir, maka anda terbebas dari kesalahan dan orang lain yang anda kerjai tidak berhak untuk marah. Kalau orang itu tetap marah meski anda sudah mengucapkan kata-kata tadi, maka masyarakat justru akan memusuhi dia dan membela anda mati-matian karena menurut budaya penganut APRIL MOP apa yang anda lakukan justru hal yang benar.

Nah, di sinilah menurut saya salah satu sisi buruk dari budaya barat yang satu ini. Bayangkan anda seorang mahasiswa dan laptop baru anda yang kreditnya belum selesai tiba-tiba tidak berada di tempatnya semula dan setelah anda cari ke sana ke mari tetap tidak ketemu. Dalam kondisi demikian tentu hal yang wajar jika anda menjadi frustasi dan kehilangan motivasi belajar. Wajar juga, jika karena kehilangan itu anda tidak bersemangat mengikuti kuliah meski jam kuliah saat itu sangat penting. Dan karena anda tidak ikut jam kuliah yang sangat penting yang, misalnya, dosen pengajarnya hanya bisa menyampaikan materi satu kali dalam setahun dan saat itu adalah satu-satunya waktu yang dosen tersebut bisa, tentu juga wajar kalau anda sangat membenci teman anda yang telah tega mengerjai anda dengan cara menyembunyikan laptop kreditan anda.

Sekali lagi, wajar kan kalau anda kemudian sangat membenci teman anda yang satu ini? Sangat wajar. Dan dalam konteks umum, semua orang tempat anda mengadukan perbuatan teman anda itu pasti akan mendukung perbuatan anda membenci teman anda itu. Kenapa? Sekali lagi karena perbuatan anda itu hal yang wajar. Itu kalau konteksnya umum, konteks hari-hari biasa. Jika konteksnya APRIL MOP, perbuatan anda untuk membenci teman anda itu dicap sebagai perbuatan salah. Ke manapun anda mengadukan perbuatan teman anda, dijamin tidak akan ada orang yang membela anda. Orang-orang pasti akan membela perbuatan teman anda itu tak peduli bagaimanapun merugikannya perbuatan itu terhadap anda. Tidak cukup sampai di sini, jika anda tetap nekat membalas perbuatan teman anda itu dengan cara membencinya, maka anda akan menjadi pihak yang salah. Anda akan disalahkan oleh semua orang. Kenyataan yang benar-benar tidak masuk akal. Tapi, karena alasan APRIL MOP, yang demikian itu menjadi sangat bisa dimaklumi.

Karena itu, meskipun saya termasuk orang yang tidak mengharapkan budaya APRIL MOP ini menjalar dan menjamur di Indonesia seperti budaya perayaan Valentine, saya tetap berpesan pada anda, dan tentu pada diri saya sendiri, untuk meningkatkan kesabaran di bulan April ini. Yach, mungkin inilah satu-satunya sisi baik perayaan APRIL MOP: kita harus belajar sabar. Mungkin juga ya....?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).